Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Rabu, 28 Desember 2011

Test Kesehatan ujian masuk pegawai

Kemarin saya baru selesai menjalani test kesehatan untuk ujian masuk pegawai di salah satu BUMN. Sekedar pengen share aja sih. Mungkin artikel ini di butuhkan bagi temen2 yang mau menjalani ujian saringan masuk juga. Nah, pengen tahu tahapan-tahapan nya apa ? berikut saya uraikan tahapan yang kemarin saya jalani : 

Sebelumnya, kita disuruh puasa dulu selama kurang lebih 10 jam, karena test nya jam 8 Pagi, saya di suruh puasa untuk tidak makan apa2 setelah jam 10 malam. 

Datang ke tempat test, biasanya kita akan registrasi lagi. Lalu tahapan nya sih acak2an. di bawah ini adalah tahapan yang saya jalani. Mungkin bisa sama mungkin bisa beda. Namun, test nya sih memang seperti ini.

Pemeriksaan Radiologi 

dalam hal ini sih bisa di bilang pemerisaan rontgen , untuk melihat apakah kondisi paru2 kita masih bagus atau tidak. Kurang lebih alat nya seperti ini :






Pemeriksaan Gigi 

Gigi juga di periksa lho. Nah, biasanya ada dokter giginya langsung. Karena gigi biasanya bersumber pada penyakit ke anggota badan lain. Jadi, jangan ada yang bolong ya gigi nya





Pemeriksaan Laboratorium

nah, ini nih alasan kenapa kalian harus puasa terlebih dahulu. Jadi , tahapan nya adalah kalian akan di ambil darahnya.


Setelah itu , kalian akan di suruh mengeluarkan urine kalian ke dalam botol (air seni).

Lalu, kalian akan di suruh makan kembali. Setelah selesai makan, puasa kembali 2 jam. Lalu di ambil sampel darahnya kembali , namun cuma setetes sih. Cuma cek gula darah nya doank.



Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik meliputi cek denyut nadi, cek jantung , cek telinga, dll. Mungkin deskripsinya bisa dilihat di gambar berikut :





Pemeriksaan ECG

Pemeriksaan ECG ini adalah pemeriksaan denyut jantung dengan mesin tersendiri. Bisa di lihat pemeriksaan nya  ]seperti apa di bawah ini :



Pemeriksaan Mata

Pemeriksaan mata ada 2 tahap, yaitu pemeriksaan mata minus/plus/silindris dan pemeriksaan buta warna. Untuk test mata minus/plus/silindris memakai gambar dengan tulisan yang semakin kecil , dan peserta akan disuruh membaca satu persatu. 

Lalu, klo pemeriksaan buta warna nya menggunakan gambar di bawah ini :




Ok deh. selesai. Jika kalian akan menjalani test kesehatan , pastikan tahap2 di atas di persiapkan dengan benar. Good luck ya guys !