Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Kamis, 08 Desember 2011

membuat email pada google apps dengan domain sendiri

Nah.. kebetulan kemarin saya baru selesai ngoprek-ngoprek fitur nya google apps. sekedar pengen share ajah sih kepada para pembaca sekalian. hehe.. berikut ceritanya :

Mungkin kalian sudah familiar denger google apps, URL nya sih bisa ditemukan di sini nih http://www.google.com/a/ , tapi apa yah keguna-an nya .. di sini .. kita sebenernya bisa setting email dengan nama domain sendiri.. kayak saya , ini contoh nya :

- mail@arikuswanto.com
- dessy@arikuswanto.com

nah , pengen tahu caranya.. mari sedikit saya jelaskan .. hehe..

kalian login ke google apps nya, lalu di situ ada setting wizard untuk setting gmail, kalender, dll. ikuti saja perintahnya, karena kebetulan perintahnya berbahasa Indonesia , jadi gampang di ikuti kok. screen shoot di bawah ini adalah jika kalian sukses setting google apps milik kalian sendiri.


Hal yang terpenting, adalah setting MX nya, mungkin bisa lihat caranya di URL ini http://support.google.com/a/bin/answer.py?hl=en&answer=33915 , nah.. masukin setting MX nya ke dalam domain kalian , berikut tabel dan pruority nya : 

berikut penjelasan gimana setting MX nya : 
untuk priority , settingan yang saya lakukan di free DNS affraid adalah sebagai berikut : 

Type  : MX
Domain  : arikuswanto.com
Destination :  1:ASPMX.L.GOOGLE.COM (prioritas 1 untuk url tersebut)

di bawah ini adalah gambar contoh settingan nya : 



kalau sudah berhasil, lanjutkan kembali setting wizzard nya, termasuk setting kalender dan lain-lain, ini dia account saya yang udah berhasil di setting di google apps.



sekedar info, account google apps yang gratis ini hanya di batasi untuk 10 email saja, jika kamu pengen masukin email yang banyak.. ya mau gak mau harus bayar .. tapi seimbang kok.. karena layanan google ini emang mantap menurut saya.. OK.. !! selamat mencoba ..