Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Jumat, 11 Februari 2011

cara membuat website gratis

Hari ini saya gak mau bikin tutorial atau apapun lah, tapi yang jelas saya akan kasih clue ajah ke kalian bagaimana membuat website asik buatan sendiri dengan gratis tanpa harus bayar macam-macam, dan hasilnya pasti puas deh karena website itu buatan kalian sendiri, so.. ngapain harus bayar kalau ada yang gratisan,,

ok deh,.. saya gak mau panjang lebar menjelaskannya , beberapa tahap membuat website gratis adalah sebagai berikut:

1. Kalian harus punya ide , mau bikin website apa. Apakah kalian mau membuat website biografi, pribadi, atau website penjualan, semuanya bisa. nah.. lalu dimana kita bisa mendapatkan template asik dan gratis. ya di sini nih jawabannya.. kalian harus pergunakan mesin google dengan semaksimal mungkin. jadi, cari ajah di google dengan query sebagai berikut :

-- free website template
- free CSS template
-- free website flash template,

nah kalau masih bingung, saya biasa download template nya disini nih http://www.flashmo.com , tapi gak hanya di situ sih, yah kalian bisa cari sendiri lah, udah gede ini . masa harus di ajarin terus. haha,,.

2. Bikin website kamu semenarik mungkin, kalian juga pasti kan belajar yang namanya HTML, PHP, CSS, XML, Flash, dll. gunakan semua kemampuan kalian semaksimal mungkin. nah , kalau kalian sudah di ajarin bagaimana membuat website, kenapa gak di lakuin dari sekarang, langsung ajah masukin website kamu ke dalam internet.

3. Setelah website kalian sudah jadi, yang kalian perlukan adalah domain. apa itu domain ? domain adalah alamat unik yang kita perlukan sebagai penanda tujuan website kita di dalam internet. contohnya : www.arikuswanto.com , itu juga merupakan nama domain. yah , banyak juga sih jenis2 domain , gak hanya .com, tapi ada juga .net, .web.id, .uk, dll. biasanya berdasarkan regional nya. tapi seiring kemajuan World wide web, domain ini jadi global. jadi udah gak lokal lagi.

uppzz... saya jadi lupa , saya kan mau menerangkan bagaimana kamu bikin domain gratis. nah caranya adalah dengan masuk ke dalam situs ini nih http://www.co.cc , ini dia situs yang memungkinkan kamu membuat domain secara gratis. cara nya mudah. pasti kamu bisa bikin domain sendiri. dan GRATIS ! ok.. mungkin di artikel selanjutnya saya akan jelaskan tahap2 pembuatannya domain dan hosting website gratis.

4. Nah,, setelah kalian udah punya domain. kalian perlu yang namanya web hosting. web hosting ini sangat beragam. tapi sekali lagi yang gratis kan ? nih saya kasih alamatnya http://www.000webhost.com inilah alat hosting yang gratis dan sangat lengkap. karena sudah ada transfer file melalui FTP, kemudian ada juga MySQL nya, PHPMyAdmin juga ada deh, tapi domain dengan hosting harus berhubungan. kalian harus konfigurasikan nama server hosting ke dalam konfigurasi domain di .co.cc ,

mungkin di artikel selanjutnya saya akan kasih tahu caranya. tapi saya rasa clue di atas cukup bisa di mengerti juga kok. intinya .. ini dia situs yang bikin live website kamu di internet :

http://www.flashmo.com
http://www.co.cc
http://www.000webhost.com

kayaknya 3 gabungan three musketers ini juga sudah bikin website kamu jalan. nah.. saya kasih contoh deh beberapa website yang sudah saya bikin dari ketiga situs ini , nih dia link nya :

http://www.arikuswanto.com
http://www.erpiz.com
http://www.arikuswanto.co.cc
http://nuni-purwani.co.cc
http://seratusribu.co.cc , dan
http://rumahskoliosis.co.cc


ok deh. selamat mencoba.