Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Kamis, 01 November 2012

wine untuk instal file .exe di UBUNTU

sebenernya ceritanya gini, saya penasaran gimana sih  nginstall yahoo mesenger di UBUNTU. Saya search di google dan beberapa forum, ternyata rekomendasinya banyak nyaranin pake Pidgin (mesenger untuk linux dengan multiple client mesenger) ya bisa di bilang kayak ebuddy lah.

tapi ada juga kok yahoo mesenger yang dibuat untuk ubuntu dengan ekstensi .deb , tapi source nya gak jelas. banyak yang not found link downloadnya. Nah akhirnya, saya temuin nih WINE, yaitu package atau aplikasi ya ? ya yang jelas wine ini digunakan untuk nge-run file file .exe yang biasanya hanya di pakai di Windows. Cara Install nya gampang, tinggal ikuti aj langkah-langkah di bawah ini : 

1. saya coba install wine1.4



2. Instalasi selesai, akhirnya saya download deh yahoo mesenger regular yang versi .exe




nah , akhirnya berhasil deh..  tapi hasilnya kayak di bawah ini :


saya gak tahu kenapa gambarnya gak muncul (icon, dll) tapi ya lumayan lah. sederhana dan bisa di pake juga kok. Nah, jadi klo temen2 mau install aplikasi .exe ini di Ubuntu , saya saranin pake wine ajah. hehehe..