Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Minggu, 04 November 2012

arti bekerja menurut saya

apakah makna dari bekerja itu ?  banyak orang mengartikan secara salah makna bekerja. Bekerja itu adalah melayani, bukan hanya menginginkan hak atas pekerjaan yang sudah kita lakukan.  Tentunya kita harus melihat bagaimana pekerjaan yang sudah kita lakukan dan berfikir bagaimana cara meningkatkan pengetahuan dan cara kerja kita dengan pekerjaan yang sudah kita lakukan itu.

saya melihat banyak sekali cara orang melakukan pekerjaan nya. dan tentunya berbeda-beda satu sama lain. saya masih ingat, bagaimana sebenarnya tujuan bekerja itu adalah untuk mencari ilmu pengetahuan ( di kutip dari perkataan manager saya waktu di perusahaan saya sebelumnya) . Mencari makna dan jati diri dengan bekerja. Karena bekerja itu adalah berinteraksi, bekerja sama, mencoba memecahkan suatu masalah dan belajar . 



yang saya sukai dari bekerja adalah belajar bagaimana memperlakukan orang-orang yang berada di sekeliling saya dengan tindakan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Disadari atau tidak, ketika ada teman kerja yang malas , hati kita selalu bergumam , " wong dia aja malas kok, masa saya mesti rajin" . nah lho ? ini kan berarti salah, dan harus kita hindari dong. ya memang sih, hati manusia itu ada yang positif ada yang negatif. tapi klo kita mengikuti kata hati kita yang negatif, maka hasilnya akan negatif pula.

1. Target

Bekerja itu ada yang namanya target. dengan target kita bisa memaksimalkan pekerjaan yang kita lakukan. Misalnya, saya harus selesaikan pekerjaan ini dalam waktu 1 jam. Nah , itu kan bagus. Berarti kita bisa menggunakan time management dengan baik.

2. Fokus

Bekerja itu harus fokus. Fokus dengan apa yang kita sedang kerjakan. Misalnya, klo kamu sedang kerja trus kamu selingi dengan browsing atau main facebook, ya saya yakin gak akan selesai. Tapi gimana klo kondisinya di balik, kamu selesain semua pekerjaan dulu. terus klo ada sisa waktu sebelum jam pulang kamu bisa gunain buat browsing atau facebookan kan enak, ya gak ? setidaknya klo bos kamu tanya dan lihat kamu main facebook : "kok kamu fb-an, gimana kerjaan kamu ?" , terus kamu jawab : " udah selesai semua Pak, ini laporannya ." , otomatis bos kamu gak jadi marah kan yah ? hehehe..

3. Rencana

Saya terus terang sangat menyukai hal ini. buat lah rencana : hari ini mau ngapain yah ? besok jg mau ngapain yah ? setidaknya dengan  list rencana pekerjaan  yang akan kamu lakukan menurut saya sangat bagus. Jadi kamu punya sesuatu yang akan kamu kerjakan. Jangan pas kamu datang ke kantor  pagi-pagi terus kamu bingung mau ngapain, bingung apa yang mau di kerjakan.


4. Pengetahuan lebih penting (belajar)

sebenarnya, ketika kita bekerja ada hal yang paling indah di balik itu semua . apakah itu ? tentunya ilmu-nya. Disadari atau tidak, dengan bekerja kita belajar. Belajar untuk memecahkan masalah. Nah, klo kamu memaknai bekerja adalah belajar, mungkin besok-besok ketika kamu menemukan permasalahan yang sama dalam pekerjaan tersebut , kamu akan makin cekatan untuk menyelesaikannya. Ya, klo malas mengingat ilmu yang ada pada pekerjaan sebelumnya, setidaknya buat dokumennya lah. Kan jadinya ada referensi. Buat dokumen gak mesti harus panjang atau menggunakan bahasa yang rumit. Yang penting kamu ngerti aja, itu menurut saya udah cukup.

5. Ibadah dan bukan mengharapkan imbalan

Ini yang paling utama. banyak orang beralasan dia malas bekerja karena tidak ada sesuatu yang pantas sebagai imbalannya. bukanya itu salah ya ? klo menurut saya sih justru setiap pekerjaan itu ada imbalannya. Apalagi dengan bekerja kita itu sebenernya belajar. Nah, ilmu itulah sebagai imbalan kita. Ayo donk.. budayakan bekerja dengan ikhlas. dengan rasa ikhlas, berarti kita bisa beribadah dengan maksimal. Bener gak ? jangan pas ada duitnya baru semangat. Itu kan salah !

jadi , bekerja lah dengan benar. dan tunjukan kepada orang-orang di sekitarmu klo kamu bisa bekerja ! semangat !