Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Kamis, 02 September 2010

Software Asik Buat Bikin Coding

J2ME

J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterai, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah. Dengan perkembangbiakan perangkat mobile consumer dari telepon, PDA, kotak permainan ke peralatan-peralatan rumah, Java menyediakan suatu lingkungan yang portable untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi pada perangkat ini.


Program J2ME, seperti semua program JAVA adalah diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dikompile ke dalam byte code dan diterjemahkan dengan Java Virtual Machine (JVM). Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak harus dikompile ulang supaya mampu dijalankan pada mesin yang berbeda. Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu system J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan.


Java

Java script adalah suatu script yang di buat dalam bentuk kode HTML dankode tersebut sebagai kode script yang akan di gunakan pada web site. Website akan mengenal javaScript dan akan menterjemahkan kode-kode java dan hasilnya akan di tampilkan dengan kode-kode HTML. Java Script bekerja pada sisi clen (yaitu pada browser).
Tag HTML untuk memperkenalkan bahwa kode-kode adalah java script.Isi kode java script dapat berupa statemen-statemen java script yang tidak sepenuhnya sama dengan statemen java.Penulisan pada bahasa java yang misalnya kita akan mencetak huruf kelayar maka kita akan menulis kode System.out.println(“hello java”); sedangkan dalam java Script kita menggunakan document.write(teks) teks : dapat berupa string, variabel atau tag HTML.

Notepad++

Notepad++ bisa digunakan untuk memembuat beberapa script seperti PHP, JAVA, JSP, HTML, XML. Notepad ++ setingkat lebih lengkap dibanding notepad biasa dan memiliki tampilan lebih simple serta fungsi yang bervariasi dan kompleks. Dalam hal ini kita menggunakan notepad++ unuk membuat script JSP.


Notepad++ merupakan text editor dan source code editor gratis yang mempunyai fitur yang cukup banyak. Freeware ini cocok buat Anda yang membutuhkan text editor dengan kemampuan yang lebih.
Fitur:
1. Syntax Highlighting and Syntax Folding
2. WYSIWYG
3. User Defined Syntax Highlighting
4. Auto-completion
5. Multi-Document
6. Multi-View
7. Regular Expression Search/Replace supported
8. Full Drag ‘N’ Drop supported
9. Dynamic position of Views
10. File Status Auto-detection
11. Zoom in and zoom out
12. Multi-Language environment supported
13. Bookmark
14. Brace and Indent guideline Highlighting
15. Macro recording and playback

NetBeans

NetBeans mengacu pada dua hal, yakni platform untuk pengembangan aplikasi desktop java, dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans. Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler yang disebut 'modul'. Sebuah modul adalah suatu arsip Java (Java archive) yang memuat kelas-kelas Java untuk berinetraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul. Aplikasi yang dibangun dengan modul-modul dapat dikembangkan dengan menambahkan modul-modul baru. Karena modul dapat dikembangkan secara independen, aplikasi berbasis platform NetBeans dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak ketiga secara mudah dan powerful.


NetBeans IDE adalah IDE open source yang ditulis sepenuhnya dengan bahasa pemrograman Java menggunakan platform NetBeans. NetBeans IDE mendukung pengembangan semua tipe aplikasi Java (J2SE, web, EJB, dan aplikasi mobile). Fitur lainnya adalah sistem proyek berbasis Ant, kontrol versi, dan refactoring.

NetBeans Mobility Pack

NetBeans Mobility Pack adalah alat untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan pada perangkat bergerak (mobile), umumnya telepon seluler, tetapi juga mencakup PDA, dan lain-lain. NetBeans Mobility Pack dapat digunakan untuk menulis, menguji, dan debugging aplikasi untuk perangkat bergerak yang menggunakan teknologi berplatform Java Micro Edition (platform Java ME). Paket ini mengintegrasikan dukungan terhadap Mobile Information Device Profile (MIDP) 2.0, Connected Limited Device Configuration (CLDC) 1.1, dan Connected Device Configuration (CDC). Emulator dari pihak ketiga dapat diintegrasikan dengan mudah untuk lingkungan pengujian yang lebih kokoh. NetBeans Mobility Pack saat ini tersedia dalam dua klaster yang berbeda, yang satu memuat CDC dan yang lainnya CLDC.