Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Rabu, 22 September 2010

Kumpulan Contoh Program JSP (Java Server Page)

Program III – 1. Bit.jsp

  • Membuat file baru Bit.jsp
  • Mengedit script yang ada menjadi seperti pada table coding dibawah.
  • Menyisipkan script java, ditandai dengan cetak tebal.
  • Digunakan untuk melakukan operasi matematika dengan mengeksekusi perintah berdasarkan bit seperti yang telah dicetak dibagian kiri.
  • Deploy, lalu Run, dan buka internet Eksplorer, dan inputkan pada Address, seperti tampilan di bawah ini:


 

Tugas III – 1.

Beri kesimpulan hasil operasi bit diatas. Tuliskan penjelasannya untuk setiap operator.

Operator:

  • & (and)
  • | (or)
  • ^ (xor)
  • ~ (bukan untuk biner)
  • << (geser kiri)
  • >> (geser kanan)
  • >>> (geser kanan – unsigned)

Kesimpulan: Operator dapat beroperasi pada level bit (0 dan 1)

Script Bit.jsp 


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Operasi Bit</title>

</head>

<body>

<%

    out.println("9 & 10 = " + (9 & 10) + "<BR>"); //and

    out.println("29 & 7 = " + (29 & 7) + "<BR>"); // and


 

    out.println("9 | 10 = " + (9 | 10) + "<BR>"); // or

    out.println("29 | 7 = " + (29 | 7) + "<BR>");


 

    out.println(" ~185 = " + (~185) + "<BR>");


 

    out.println("-29 & 7 = " + (-29 & 7) + "<BR>");


 

    out.println("29 << 1 = " + (29 << 1) + "<BR>");


 

    out.println("29 >>> 1 = " + (29 >>> 1) + "<BR>");

    out.println("-29 >>> 1 = " + (-29 >>> 1) + "<BR>");

%>

</body>

</html> 


 


 

Program III – 2. MyCast.jsp

  • Membuat file baru MyCast.jsp
  • Mengedit script yang ada menjadi seperti pada table coding dibawah.
  • Menyisipkan script java, ditandai dengan cetak tebal.
  • Deploy, lalu Run, dan buka internet Eksplorer, dan inputkan pada Address, seperti tampilan di bawah ini:


 


 

Script MyCast.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Type Casting</title>

</head>

<body>


 

<%

    int i = 65;


 

    char hasil = (char) i;


 

    out.println("Hasil: " + hasil);

%>


 

</body>

</html>


 

Tugas III – 2.

Lakukan casting dari suatu variable a = 56 bertipe integer menjadi type char!


 


 

Script MyCastA.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Type Casting</title>

</head>

<body>


 

<%

    int a = 56;


 

    char hasil = (char) a;


 

    out.println("Hasil: " + hasil);

%>


 

</body>

</html> 


 

Program III – 3. Album.jsp


 


 

Script Album.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Contoh Pembuatan Kelas</title>

</head>

<body>


 

<%!

    class AlbumLagu {

        String judul;

        String artis;

        int tahunRilis;


 

    //Konstruktor

    public AlbumLagu(String judul,

             String artis,

             int tahunRilis) {

    this.judul = judul;

    this.artis = artis;

    this.tahunRilis = tahunRilis;

}


 

    //Metode

    public String infoJudul() {

        return(judul);

    }

    public String infoArtis() {

        return(artis);

    }

    public int infoTahunRilis() {

        return(tahunRilis);

    }

}

%>

<%

    AlbumLagu album = new AlbumLagu("Take Me To Your Dream","Tom Grant",1998);

    out.println("Judul Album: " + album.infoJudul() + "<BR>");

    out.println("Artis: " + album.infoArtis() + "<BR>");

    out.println("Tahun: " + album.infoTahunRilis() + "<BR>");

%>

</body>

</html> 


 

Tugas III – 3.

Beri Kesimpulan dari Program diatas


 


 

Program III – 4. Konversi.jsp


 


 


 


 


 

Script Konversi.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Konversi Data</title>

</head>

<body>


 

<FORM>

    Masukkan sebuah bilangan bulat: <BR>

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=bil><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

</FORM>


 

<%

    String strBilangan = request.getParameter("bil");

    if (strBilangan != null) {

        int bilangan =     Integer.valueOf(strBilangan).intValue();

    out.println("110% dari " + bilangan + " = " + (1.1 * bilangan));

}


 

%>


 

</body>

</html> 


 

Program III – 5. Lulus.jsp


 


 


 

Script Lulus.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Contoh if Sederhana</title>

</head>

<body>


 

<FORM>

    Masukkan nilai Ujian (0 - 100) : <BR>

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=nilai><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

</FORM>


 

<%

    String strNilai = request.getParameter("nilai");

    if (strNilai == null)

        strNilai = "0";


 

    int nilai = Integer.valueOf(strNilai).intValue();

    out.println("Nilai ujian = " + nilai + "<BR>");


 

    String hasil = "Tidak Lulus";

    if (nilai >= 60)

        hasil = "Lulus";


 

    out.println(hasil);

%>


 

</body>

</html> 


 

Program III – 6. Lulus2.jsp


 


 

Script Lulus2.jsp

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Contoh if - else</title>

</head>

<body>


 


<FORM>

    Masukkan nilai Ujian (0 - 100) : <BR>

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=nilai><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

</FORM>


 

<%

    String strNilai = request.getParameter("nilai");

    if (strNilai == null)

        strNilai = "0";


 

    int nilai = Integer.valueOf(strNilai).intValue();

    out.println("Nilai ujian = " + nilai + "<BR>");


 

    if (nilai >= 60)

        out.println("Lulus");

    else

        out.println("Tidak Lulus");

%>


 

</body>

</html> 


 

Program III – 7. Grade.jsp


 


 


 


 

Script Grade.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Contoh if Bersarang</title>

</head>

<body>


 

<FORM>

    Masukkan nilai Ujian (0 - 100) : <BR>

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=nilai><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

</FORM>


 

<%

    String strNilai = request.getParameter("nilai");

    if (strNilai == null)

        strNilai = "0";


 

    int nilaiUjian = Integer.valueOf(strNilai).intValue();

    char skor;


 

    if (nilaiUjian >= 90)

        skor = 'A';

    else

        if (nilaiUjian >= 80)

         skor = 'B';

     else

         if (nilaiUjian >= 60)

            skor = 'C';

         else

            if (nilaiUjian >= 50)

              skor = 'D';

            else

             skor = 'E';


 

    out.println("Nilai: " + nilaiUjian + "<BR>");

    out.println("Skor: " + skor);

%>


 

</body>

</html>


 

Tugas III – 5 – 7.

Susun Program untuk menginput dua buah bilangan bulat (integer), kemudian mencetak salah satu bilangan yang nilainya terbesar.


 


 


 


 


 


 

Script TugasIII57.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Tugas III-5-7 _-_ Membandingkan Bilangan </title>

</head>

<body>


 

<FORM>

    Masukkan bilangan A : <BR>

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=a><BR>

Masukkan bilangan B : <BR>

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=b><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

</FORM>


 

<%

    String strA = request.getParameter("a");

String strB = request.getParameter("b");


 

    if (strA == null)

        strA = "0";


 

    if (strB == null)

        strB = "0";


 

    int a = Integer.valueOf(strA).intValue();

int b = Integer.valueOf(strB).intValue();


 

    if (a > b)

out.println("Bilangan Terbesar Adalah = " + a + "<BR>");

    else

out.println("Bilangan Terbesar Adalah = " + b + "<BR>");

%>


 

</body>

</html> 


 

Program III – 8. OpTernary.jsp


 


 


 

Script OpTernary.jsp

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Contoh Operator Berkondisi</title>

</head>

<body>


 

<FORM>

    Masukkan nilai Ujian (0 - 100) : <BR>

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=nilai><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

</FORM>


 

<%

    String strNilai = request.getParameter("nilai");

    if (strNilai == null)

        strNilai = "0";


 

    int nilai = Integer.valueOf(strNilai).intValue();

    out.println("Nilai ujian = " + nilai + "<BR>");


 

    String hasil = nilai >= 60 ? "Lulus" : "Tidak Lulus";

    out.println(hasil);

%>


 

</body>

</html>


 

Program III – 9. Switch.jsp


 


 


 


 


 

Script Switch.jsp

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Switch - Case</title>

</head>

<body>


 

<FORM>

    Masukkan Pilihan (1 - 3) : <BR>

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=pilihan><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

</FORM>


 

<%

    String strPilihan = request.getParameter("pilihan");

    

    if (strPilihan == null)

     strPilihan = "0";


 

    int pilihan = Integer.valueOf(strPilihan).intValue();


 

    switch (pilihan) {

    case 1:

        out.println("Pilihan Anda Candi Borobudur<BR>");

        break;

    case 2:

        out.println("Tour ke Danau Toba<BR>");

        break;

    case 3:

        out.println("Tour ke Gunung Bromo<BR>");

        break;

    default:

        out.println("Silahkan memilih 1, 2, atau 3");

}

%>

</body>

</html>


 

Tugas III – 9

  1. Lengkapi program di atas
  2. Petunjuk : tambahkan form untuk menerima input pilihan dari user
  3. Apa hasil outputnya?


 

Program III – 10. DoWhile.jsp


 

Script DoWhile.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Do While</title>

</head>

<body>


 

<%

    int jumlah = 1;


 

    do {

        out.println("JSP<BR>");


 

        jumlah++; //Menaikkan nilai sebesar 1

    } while (jumlah <= 5);


 

%>


 

</body>

</html> 


 

Program III – 11. For.jsp


 


 

Script For.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Contoh For</title>

</head>

<body>


 

<%

    for (int bil = 2; bil < 20; bil += 2)

        out.println(bil + "<BR>");

%>


 

</body>

</html> 


 


 


 


 


 

Script Segitiga.jsp 

<%@page contentType="text/html"%>

<%@page pageEncoding="UTF-8"%>


 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


 

<html>

<head>

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

<title>Segitiga Bintang</title>

</head>

<body>


 

<FORM>

    Tinggi Segitiga :

    <INPUT TYPE=TEXT NAME=j><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

</FORM>


 

<%


 

    String strPilihan = request.getParameter("j");

    

    if (strPilihan == null)

     strPilihan = "0";


 

    int j= Integer.valueOf(strPilihan).intValue();


 

    for (int y = 0; y < j; y ++)

    {

        for (int x = 0; x <= y; x ++)

        {

            out.println("*");

        }

        out.println("<BR>");

    }

%>


 

</body>

</html> 


 


 


 


 

Tugas 1!

 Pelajari istilah subkelas

 Pelajari kembali mengenai inheritance!


 

Jawab :

  1. Subkelas adalah suatu kelas yang dapat mewariskan sifat dari kelas yang sudah ada. Jadi subkelas dapat dipanggil oleh kelas induk atau superkelas.
  2. Inheritance adalah suatu keuntungan besar dalam pemrograman berbasis object karena suatu sifat atau method yang didefinisikan pada superclass, sifat ini kemudian akan diwarisi pada subkelas. Jadi pembuat program hanya menuliskan method sekali dan dapat digunakan pada semua subkelas.


 


 

Tugas 2!

 Tuliskan berbagai macam method (minimal) yang dimiliki oleh kelas Math (berada di dalam package java.lang)

 Sertai penjelasan untuk penggunaannya!

 Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya dalam bentuk hard copy (boleh kertas selembar/tulis tangan atau format word)


 

Jawab :


 

Method yang dimiliki oleh kelas math adalah :


 

  1. Method abs()

Abs() method mengembalikan nilai absolut / mutlak pada argument, contoh

x = Math.abs(99); // output is 99

x = Math.abs(-99) // output is 99

Method ini mengambil nilai int , long, float, atau double argumen. method ini diikuti dengan :

public static int abs(int a)

public static long abs(long a)

public static float abs(float a)

public static double abs(double a)


 

  1. ceil()

ceil() method mengembalikan nilai integer terkecil, seperti double, yang merupakan terbesar dari sama dengan pada argumen dan sama dengan (=) terdekat pada nilai interger terdekat. dengan kata lain, argument –argumen mengelilingi integer terdekat yang equifalen.

Sekarang kita lihat contoh nya, hanya dengan memakai konsep yang sangat mudah. Semua itu mengikuti Math.ceil() yang mengembalikan ke double dengan nilai 9.0

Math.ceil(9.0) // hasilnya adalah 9.0

Math.ceil(8.8) // naik ke 9.0

Math.ceil(8.02) // masih naik ke 9.0

Nomor negatif adalah umum, tapi hanya ingat bahwa -9 adalah lebih besar dari -10

Semua mengikuti panggilan ke Math.ceil() yang mengembalikan nilai double -9.0

Math.ceil(-9.0) // hasilnya adalah –9.0

Math.ceil(-9.4) // naik ke –9.0

Math.ceil(-9.8) // masih naik ke –9.0

Hanya satu ceil() method dan mengikuti ciri-ciri :

public static double ceil(double a)


 

  1. floor()

Floor() method mengembalikan double terbesar yang kurang dari sama dengan argumen dan sama dengan nilai integer terdekat. method ini adalah antitesis dari ceil() method.

Semua calls mengikuti Math.floor() yang mengembalikan nilai double 9.0

Math.floor(9.0) // hasilnya adalah 9.0

Math.floor(9.4) // turun ke 9.0

Math.floor(9.8) // masih turun ke 9.0

Seperti sebelumnya, dalam pemikiran dengan nomor negative, -9 adalah kurang dari -8 ! semua mengikuti panggilan untuk Math.floor() yang mengembalikan nilai -9.0

Math.floor(-9.0) // hasilnya adalah –9.0

Math.floor(-8.8) // turun ke –9.0

Math.floor(-8.1) // masih turun ke –9.0

Ciri-ciri dari floor() method adalah sebagai berikut :

public static double floor(double a)

floor() and ceil() method hanya mengambil double.Tidak ada method yang berlebihan untuk nomor integral, karena method hanya ingin akhir dan mengembalikannomor integral yang dilewatinya, The whole point. Poin keseluruhan dari floor() dan ceil() adalah menkonversi nomor floating-point (double), menjadi integer, berdasarkan dari aturan method. Mungkin akan terlihat aneh, nilai integer pada ukuran pengangkat double.


 

  1. max()

max() method mengambil dua buah argumen dan mengembalikan 2 terbesar, contohnya :

x = Math.max(1024, -5000); // keluarannya adalah 1024.

Method ini kelebihan untuk menangani int, long, float, atau argumen double. Jika input parameter sama, max() mengembalikan sebuah nilai yang sama dengan 2 argumen.

Ciri-ciri max() method adalah :

public static int max(int a, int b)

public static long max(long a, long b)

public static float max(float a, float b)

public static double max(double a, double b)


 

  1. min()

Method Min() adalah kebalikan dari method max(); method ini mengambil 2 argumen angka dan mengembalikan kurang dari 2 argumen angka. Berikut sebagai contoh:

x = Math.min(0.5, 0.0); // output is 0.0

Method ini digunakan untuk menangani int, long, float, atau double. Jika parameter inputanya sama, method min() mengembalikan sebuah nilai yang sama dengan 2 argumen angka tersebut.

Ciri-ciri method min() adalah:

public static int min(int a, int b)

public static long min(long a, long b)

public static float min(float a, float b)

public static double min(double a, double b)


 

  1. round()

Method round() mengembalikan integer terdekat ke argument. Algoritmanya adalah dengan menambahkan 0.5 ke argument dan memotong ke integer equivalen terdekat. Method ini digunakan untuk menangani sebuah argument float atau double.

Method ceil(), floor(), dan round() mengambil argument floating-point dan mengembalikan equvalen integer(walaupun dikirim pada variable double). Jika number setelah decimal kurang dari 0.5, maka Math.round() sama dengan Math.floor(). Jika number setelah decimal lebih besar atau sama dengan 0.5, maka Math.round() sama dengan Math.ceil(). Perlu diingat dengan angka negative, sebuah angka yang berakhiran .5 akan dibulatkan ke angka yang lebih besar, sebagai contoh:

Math.round(-10.5); //
hasilnya adalah -10


 

Ciri-ciri dari method round() adalah:

public static int round(float a)

public static long round(double a)


 

  1. sin()

method sin() mengembalikan nilai sinus pada sebuah sudut. Argumennya adalah sebuah double yang menunjukkan sebuah derajat pada radian. Derajat dapat diubah ke bentuk radian dengan menggunakan method Math.toRadians(), sebagai contoh:

Math.sin(Math.toRadians(90.0)) // mengembalikan nilai 1.0

Ciri-ciri dari method sin() adalah:

public static double sin(double a)


 

  1. cos()

Method cos() mengembalikan nilai cosines pada sebuah sudut. Argumennya adalah sebuah double yang menunjukkan sebuah sudut pada radian, sebagai contoh:

Math.cos(Math.toRadians(0.0)) // mengembalikan nilai 1.0

Ciri-ciri method cos() adalah:

public static double cos(double a)


 

  1. tan()

Method tan() mengembalikan nilai tangent pada sebuah sudut. Argumennya adalah sebuah double menunjukkan sebuah sudut pada radian, sebagai contoh:

Math.tan(Math.toRadians(45.0)) // mengembalikan nilai 1.0

Ciri-ciri method tan() adalah:

public static double tan(double a)


 


 

Sun tidak memerlukan kamu menjadi sebuah kalkulator manusia. Pada ujian sertifikasi tidak akan berisi pertanyaan yang memerlukan kamu untuk memverifikasi hasil dari sebuah method contohnya Math.cos(0.623).


 

  1. sqrt()

Method sqrt() mengembalikan akar dari sebuah double, sebagai contoh:

Math.sqrt(9.0) // mengembalikan nilai 3.0

Apa yang terjadi jika kamu menemukan akar dari sebuah bilangan negative?Fungsi matematika pada bilangan akar riil mengembalikan sebuah bilangan komplek(terdiri dari bilangan riil dan imjiner) ketika operand yang digunakan adalah negative. Method Java Math.sqrt() mengembalikan NaN bukannya sebuah objek yang menunjukkan sebuah bilangan komplek. NaN adalah sebuah pola bit yang berarti "not a number". Ciri dari method sqrt() adalah:

public static double sqrt(double a)


 


 


 

Quiz:

Susun program untuk input nilai integer, bilangan bulat positif lebih dari nol, cetak "EVEN" jika bilangan bulat genap, atau cetak "ODD" jika bilangan ganjil dengan input diberikan oleh user, dan menggunakan form untuk menerima input.

1. Algoritma

2. Coding


 

Jawab :

  1. Algoritma :


     

    Algoritma genap ganjil {

        Program cek bilangan ganjil/genapberdasarkan inputan nilai bilangan bulat positif

    }


     

    Deklarasi

    Bil = integer {bil. Bulat positif yang dibaca dari form untuk menerima input. Input awal bernilai String , kemudian di ubah ke integer menggunakan value of.. }

    Function genap (input bil=integer) → bolean

        {mengembalikan nilai true (EVEN) jika bilangan genap, False (ODD) jika bilangan ganjil }


     

    Deskripsi


     

    Read (bil)

    If genap (bil) then

        Write (bil, 'EVEN')

    Else

        Write (bil,'ODD')

    Endif


     


     

    Source


     

    <%--

    Document : GanjilGenap

    Created on : Nov 18, 2009, 12:38:10 AM

    Author : Ari Kuswanto (1073051)

    --%>


     

    <%@page contentType="text/html" pageEncoding="UTF-8"%>

    <!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"

    "http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


     

    <html>

    <head>

    <meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">

    <title> Program Cek Genap Ganjil </title>

    </head>

    <body>

    <h1>Program Cek Bilangan Ganjil Genap</h1>


     

    <FORM>

        Masukkan bilangan:

        <INPUT TYPE=TEXT NAME=b><BR>

    <INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Proses">

    </FORM>


     

    <%


     

        String strPilihan = request.getParameter("b");


     

        if (strPilihan == null)

         strPilihan = "0";


     

        int b = Integer.valueOf(strPilihan).intValue();


     

        if ((b % 2)==0)

            out.println("EVEN");

         else

             out.println("ODD");

    %>


     

    </body>

    </html>


     

    Output :


     


     


     


     


 


 


 

.:: Selesai ::.