Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Senin, 10 September 2012

Sekilas tentang Google Analytics Real-Time

Sebenernya saya udah lama menggunakan google analytics ini untuk membantu saya melihat jumlah visitor website yang pernah berkunjung kedalam website saya. Namun, ternyata saya baru sadar bahwa ada fitur yang paling menarik dari google analytics ini yang membuat saya sekali lagi kagum dengan para praktisi IT yang ada di Google. 

Yang saya tangkap  ketika ada layanan dari website tertentu yang memberikan jasa untuk menghitung jumlah pengunjung website, yang ada bukan real time yang benar-benar real time. Artinya, dibutuhkan reload atau refresh page tersebut untuk melihat jumlah pengunjung baru. Nah, cara ini kan udah gak asik alias udah ketinggalan zaman kan ? Lalu dengan inovasi yang berbeda, GOOGLE datang dengan fitur baru pada google analytics nya.

tampilan ini akan bergerak seiring ada tidaknya visitor yang sedang berkunjung

ini adalah halaman untama dari real time google analytics

kalau ini lihat real time berdasarkan lokasi kunjungan

berdasarkan traffic resources berarti berdasarkan search engine yang digunakan

content nya itu ya halaman apa saja yang lagi di kunjungi oleh pengunjung website
yang membuat saya tertarik karena real-time fiturnya itu tidak  diharuskan merefresh. Jadi cukup stay di halaman itu saja. Kita bisa memonitoring halaman website kita. Nah... kalau teman-teman tertarik, saya rekomendasikan menggunakan google analytic untuk memonitor traffic nya.