Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Kamis, 20 September 2012

Pengetahuan saya tentang SQUID

Kemarin baru saya coba-coba ngoprek-ngoprek tentang Squid ini , lumayan mengasikan. Karena Squid ini bisa di bilang merupakan firewall yang ada di gateway untuk memfilter access HTTP dari client-client.

Nah, cara kerjanya simple, kita bisa mendaftarkan IP yang bisa di jadikan Admin dan IP yang bisa dijadikan client biasa. Perbedaanya berada pada rules dari dua kategori tersebut (Admin dan Client). Misalnya kalau IP Admin dapat membuka semua halaman website , sedangkan Client hanya bisa membuka website-website tertentu.

Squid ini berjalan dengan baik di Linux Platform. Nah, saya akan membahas satu persatu mengenai isi dari Suid ini :

1. File Squid.conf

Berisi tentang rules dan konfigurasi-konfigurasi yang ingin kita terapkan dalam manajemen akses internet (misalnya kantor). Namun di sini kita juga harus mempelajari istilah-istilah programming yang dipakai di Squid seperti : 

## protocols allowed
acl Safe_proto proto HTTP SSL
http_access deny !Safe_proto

## browsers allowed
# acl Safe_browser browser ^Mozilla/5\.0.*Firefox/2\.0\.0\.6
# http_access deny !Safe_Browser

## disable ads ( //squid_adservers.html )
# acl ads dstdom_regex "/etc/squid/ad_block.txt"
# http_access deny ads
# deny_info TCP_RESET ads

## Banned Sites
# acl Bad_Site dstdom_regex myspace.com youtube.com facebook.com 
# http_access deny Bad_Site

Tapi menurut saya , istilah itu bisa kita mengerti dan kita pelajari dengan cepat. Karena kata-katanya mudah kita mengerti. Untuk melihat contoh dari squid.conf ini bisa dapat di lihat di sini : http://www.squid-cache.org/

2. Log file Squid

biasanya kita konfigurasi log file ini di direktori /var/log/squid , isinya :

- cache.log
- access.log

Untuk mengetahui tentang log squid ini bisa di pelajari di http://wiki.squid-cache.org/SquidFaq/SquidLogshttp://wiki.squid-cache.org/SquidFaq/SquidLogs , dan menurut saya mempelajari log ini penting untuk menganalisis trouble shooting di Squid sendiri. 

3. Aturan dalam file .txt

Aturan-aturan ini bisa kita konfigurasi dengan membuat file .txt (misalnya IP_Admin.txt , IP_client.txt, Kata_kotor.txt , Kata_terlarang.txt ). Dari file-file tersebut, kita bisa mendeskripsikan aturan yang akan langsung kita masukan kedalam squid.conf. Contoh file .txt tersebut bisa dilihat di bawah ini : 


aturan tersebut nanti bisa kita gunakan untuk memblokir search google dengan Query kata-kata tersebut.


Nah,  mungkin itu adalah sedikit info dari saya. Jika teman-teman ingin konfigurasi rules untuk manajemen network di kantor, Squid bisa di gunakan untuk membantu teman-teman dalam membuat  akses internet sehat . Terimakasih.