Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Selasa, 09 Oktober 2012

Graph Mantis tidak muncul di Ubuntu

sekarang saya punya kasus baru, jadi gini nih ceritanya. Saya sedang membuat aplikasi helpdesk untuk record komplain di kantor. Ya sudah akhirnya saya install lah mantis ke dalam server saya.

Nah, instalasinya berjalan mulus dan lancar. Namun pas saya coba cek di graph nya tidak muncul. Bingung juga tadinya apa yang harus saya lakukan. Akhirnya setelah googling beberapa lama, saya tahu beberapa penyebabnya yaitu :

- Jpgraph default Mantis ada masalah
- Font yang digunakan Linux dengan MIcrosoft beda (sedangkan default nya Mantis itu untuk Windows user)

Nah, karena sudah mengetahui masalahnya, akhirnya saya lakukan langkah-langkah seperti ini :

1. Pastikan ttf-mscorefonts package sudah di install
    sudo apt-get ttf-mscorefonts-installer

2. Download Jpgraph dari link berikut :
    http://jpgraph.net/download/

3. Istall juga libphp-jpgraph sebagai librari ke dalam php nya
     apt-get install libphp-jpgraph

4. add  php-gd

    apt-get install php5-gd

5. Restart Web Servernya
    /etc/init.d/apache2 restart

Nah, klo masih belum juga ya bisa di download manual  ttf-mscorefonts di link berikut :

http://ftp.us.debian.org/debian/pool/contrib/m/msttcorefonts/ttf-mscorefonts-installer_3.3_all.deb

Setelah itu jalankan perintah ini :
dpkg -i ttf-mscorefonts-installer_3.3_all.deb


Nah.. selamat mencoba.