Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Minggu, 29 Agustus 2010

Query Active Directory User and Computer

Artikel ini akan membahas bagaimana membuat query pencarian user atau komputer dengan menggunakan query yang sudah disediakan oleh windows server dalam active directory user dan komputer. kalian pasti bertanya, apa pentingnya sih query pencarian ini ? wah .. kalau ada pertanyaan seperti itu.. ya jawabannya PENTING BANGETTZZZ !.. hehe,.. lebay : mode on.

Tapi ini memang penting kok. Bayangkan , kalau kalian bekerja jadi administrator server yang berbasis windows server. dengan ribuan bahkan jutaan user atau komputer yang terhubung dalam jaringan satu sama lain. terus kalian disuruh sama atasan untuk menghapus user tertentu dengan nama tertentu atau komputer tertentu. Nah lho,, nyarinya gimana tuh ? ya dengan cara ini lah kita bisa menemukan user tertentu dengan cepat.

So.. gimana sih caranya ? nih.. Ary bocorin sedikit caranya . hehe... Ikuti steps by steps ya langkahnya..

1. Nyalakan windows server kamu, kemudian klik start, administrative tools , lalu cari active directory user and computer lalu klik deh. maka akan muncul gambar seperti ini :


2. Klik kanan pada gambar folder saved query, kemudian klik new, lalu klik Query hingga muncul gambar seperti ini nih :




3. Untuk ebih spesifik lagi, klik tombol define query yang ada di kanan bawah consolnya sehingga muncul gambar seperti ini :



4. Nah.. klo dah muncul , kalian bisa custom user atau komputer bahkan data-data yang ada di dalamnya bisa kalian cari. Ok.. disini Ary akan kasih contoh bagaimana mencari user yang mempunyai nama depan dengan huruf J. maka kalian harus klik Name list box dengan opsi start with , kemudian masukan huruf J di text box nya,.,. bingung ? nih Ary liatin gambarnya


5. Masukan name Query nya seperti gambar di bawah ini, kemudian klik OK


6. Langkah terakhir, maka akan muncul user dengan nama huruf J didepannya,, terus, kalian bisa custom deh gimana enaknya yang kalian mau apain tuh user tersebut.


Nah,,, mantap kan ! selamat mencoba kawan