Copyright © Ari Kuswanto
Design by Dzignine
Rabu, 17 Februari 2010

Keamanan System, apa pentingnya sich ?

bicara mengenai rules pada security policy atau keamanan system, pasti berkaitan dengan administrator sebagai IT staff, disinilah kemampuan seorang staf IT diuji untuk mengamankan data nya pada suatu perusahaan tempat dia bekerja. intinya, bagaimana memproteksi system dalam suatu perusahaan agar terlindungi dari ancaman luar.

namun, tidak sembarang rules yang bisa diterapkan pada suatu perusahaan, untuk itu, kita harus mempertimbangkan rules apa saja yang akan kita buat dalam sistem, berikut klasifikasi security rules :

1 ) User Rules
menyangkut bagaimana user atau karyawan bisa mengakses data pada network, sehingga user tidak sembarang memasuki network atau merubah data tanpa seijin pihak yang berwenang, pengaturan password juga sangat penting untuk keamanan data setiap user.

2 ) IT rules
hal yang penting pada keaman system adalah bergantung pada IT Department yang mengatur bagian IT, yang meliputi network, server, dll. disini di deskripsikan pengaturan rules yang meliputy rules network, rules server, juga konfigurasi firewall dan IDS (Intrucsion Detection System )sehingga keamanan data tetap terjaga dengan secure.

3) General Rules
meliputi aturan-aturan yang umum pada perusahaan, menyangkut kontinuitas jalannya perusahaan, perlindungan terhadap data-data yang penting seperti data-data accounting, data pemasaran dll.

4 ) Partner Rules
Rules ini berkaitan dengan perjanjian antara perusahaan dengan pihak ketiga ( pihak luar perusahaan ) sehingga hak akses untuk melihat data-data pada perusahaan juga tetap terjaga.


mungkin , sekedar berbagi ilmu, berikut contoh membuat rules policy sederhana pada komputer untuk mengatur umur password :

- klik start, control panel , administrative tools
- klik local security policy, sehingga tampil gambar berikut :



- setelah itu , klik account policies, klik password policies, lalu double klik maximum password age, konfigurasi maximum password age dengan waktu 5 hari , maka setiap password administrator atau user harus diganti maksimal selama 5 hari. hal ini bisa mencegah pencurian password pada komputer anda. perhatikan gambar berikut :



note : sebaiknya gunakan OS windows server terbaru untuk system yang ada pada server karena pengaturan policy nya cukup mudah, dan jangan lah ragu untuk mencoba

mengingat pentingnya rules policy pada system, maka kita harus benar-benar memperhatikan hal ini. walaupun di dunia ini tidak ada system yang benar-benar aman, setidaknya kita sudah berbuat maksimal untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. keep secure !!